Media pembelajaran administrasi perkantoran
Nama : Dedi Suryanto
Nim : 7101418030
Dosen pengampu : Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd
Menurut Straus dan Frost dalam Dina Indriana (2011:32) mengidentifikasikan Sembilan faktor kunci yang harus dipertimbangkan dalam memilih media pengajaran. Kesembilan faktor tersebut antara lain :
1. Batasan sumber daya institusional
2. Kesesuaian media dengan media pembelajaran yang diajarkan
3. Karakteristik siswa
4. Perilaku pendidik dan tingkat ketrampilannya
5. Sasaran pembelajaran
6. Hubungan pembelajaran
7. Lokasi pembelajaran
8. Waktu,
9. Tingkat keragaman media
Media pembelajaran yang akan saya gunakan menyesuaikan dengan kebutuhan ataupun tujuan pembelajaran. Apabila menghafal maka bisa saya gunakan media berupa buku, powert poin sebagai penekanan dan yang terakhir adalah audio visual seperti menonton video. Lalu, untuk pembelajaran dengan bertujuan menambah ketrampilan maka akan saya gunakan media berupa peralatan yang sesuai kebutuhan praktek seperti contoh pada praktik kearsipan akan saya gunakan media berupa ruangan arsip beserta isinya atupun praktek komputer dengan menyediakan mesin ketiknya.
Mengapa saya memilih media pembelajaran diatas? Karena menurut saya pembelajaran diatas sudah sangat sesuai dimana kegiatan pembelajaran yang berdasarkan ketrampilan menggunakan media berupa peralatan nyata dan pembelajaran yang berdasarkan hafalan menggunakan media audio visual baik berupa bacaan maupun tontonan. Jadi, hal terpenting didalam pemilihan media pembelajaran adalah harus ada kaitannya dengan materi yang disampaikan.
Saya memilih mata pelajaran kearsipan yang pada dasarnya ini merupakan mata pelajaran praktek yang wajib dipahami oleh siswa siswi administrasi perkantoran. Di era industri 4.0 ini,kemajuan teknologi sangat cepat dan meliputi berbagai aspek. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang ada,maka saya memilih menggunakan media berbasis digital pada mata pelajaran ini yaitu E- Arsip menggunakan google drive. Selain lebih efektif dan juga efisien,penggunaan gdrive juga menghemat anggaran baik untuk pembelian kertas maupun peralatan arsip yang masih banya lagi.
A. Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian
Sikap Religius
1.1.
Teknik : Observasi
1.2.
Instrumen : lembar
observasi
2.
Penilaian
Sikap Sosial
2.1.
Teknik : Observasi
2.2.
Instrumen : lembar
observasi
3.
Penilaian Pengetahuan
3.1.
Teknik :
Tes tertulis
3.2.
Instrumen : Soal
4.
Penilaian Keterampilan
4.1.
Teknik:
Praktek
4.2.
Instrumen : Penugasan praktek
Penilaian
1.
Penilaian Sikap Religius
|
NO |
NAMA |
ASPEK PENILAIAN |
TOTAL NILAI |
||
|
Berdoa Sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
Mensyukuri atas karunia
Tuhan |
Memberikan salam sebeum
dan sesudah menyampaian presentasi |
|||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Pada lembar ini wajib di isi oleh guru mata pelajaran
sesuai apa yang dikerjakan oleh siswa dengan aturan sebagai berikut :
4=
selalu, Peserta didik terus menerus melakukan aspek yang diamati
3=
sering, Apabila peserta didik cenderung lebih banyak melakukan aspek yang
diamati
2=
Peserta didik cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1= Peserta didik tidak
pernah melakukan aspek yang diamati
Pedoman Penskoran
·
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·
Rumus:
Nilai
= Total nilai : 3
·
Nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,34-4,00
Baik :
apabila memperoleh skor 2,66- 3,33 Cukup :
apabila memperoleh skor 1,66 -2,65
Kurang :
apabila memperoleh skor kurang 1,66
2.
Penilaian Sikap Sosial
|
No |
Nama |
Sikap |
||||||||
|
Hormat Kepada Orang Tua |
Kerajinan |
Tanggung Jawab |
Ramah
Dengan Teman |
Kejujuran |
Kepedulian |
Kerjasama |
Hormat Kepada Orang Tua |
Tot |
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pada lembar ini wajib di isi oleh guru mata pelajaran
sesuai apa yang dikerjakan oleh siswa pada penilaian sosial dengan ketentuan
sebagai berikut :
Petunjuk:
4 =
Jika Peserta didik menunjukkan sikap yang sangat tepat dan sangat relevan
dengan aspek yang diamati
3 =
Jika Peserta didik menunjukkan sikap
yang tepat dan relevan dengan aspek yang diamati
2 =
Jika Peserta didik menunjukkan sikap
yang kurang tepat dan kurang relevan dengan aspek yang diamati
1 =
Jika Peserta didik menunjukkan sikap
yang tidak tepat dan tidak relevan dengan aspek yang diamati
Pedoman Penskoran
·
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·
Rumus:
Nilai = Total : 8
·
Nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,34-4,00
Baik : apabila
memperoleh skor 2,66- 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor 1,66 -2,65
Kurang :
apabila memperoleh skor kurang 1,66
3.
Penilaian Pengetahuan 3.1.Kisi- kisi
|
NO |
MATERI |
KISI-KISI |
||||
|
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
|
1 |
Melakukan pencatatan arsip sesuai perintah |
|
|
|
|
|
|
2 |
Melakukan penyimpanan arsip 6 sistem secara
manual |
|
|
|
|
|
|
3 |
Melakukan penyimpanan E-Arsip |
|
|
|
|
|
|
4 |
Menemukan kembali arsip |
|
|
|
|
|
|
5 |
Pemusnahan Arsip |
|
|
|
|
|
Keterangan:
C1 : Mengingat
C2 : Memahami
C3 : Menerapkan
C4 : Menganasilis
C5 : Mengevaluasi
Soal :
1.
Lengkapilah
surat dibawah ini hingga siap menjadi arsip dengan menggunakan sistem
penyimpanan abjad, dan sebutkan langkah langkahnya !
2.
Simpanlah
arsip diatas sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada lemari penyimpanan !
3.
Lakukanlah
penyimpanan pada arsip diatas menjadi E-Arsip
dengan menggunakan google drive
serta jelaskan langkah langkahnya !
4.
Jelaskan langkah – langkah
menemukan arsip sesuai soal nomor 1 secara rinci !
5.
Cara apa saja yang bisa digunakan
untuk memusnahkan arsip yang sudah kadaluarsa ?
3.3. Pedoman Penskoran Kriteria pensekoran
Jawaban yang paling mendekati kunci jawaban
|
Soal
Nomor |
Bobot |
|
1 |
10 |
|
2 |
10 |
|
3 |
10 |
|
4 |
35 |
|
5 |
35 |
Sangat Baik / A : apabila memperoleh skor 91-100
Baik/ B : apabila menunjukkan skor 76-90
Cukup/ C : apabila menunjukkan skor 61-75
Cukup Baik/ BC :
apabila menunjukkan skor 56-60
Kurang/ K :
apabila menunjukkan skor dibawah 56
4.2. Rubik Pengamatan Penilaian
|
No 1 |
Nama |
Aspek Yang Dinilai |
Total |
|||
|
Ketepatan
dalam melengkapi arsip |
Ketepatan
ketepatan dalam mengar sipkan surat |
Kemampuan
mencari kembali arsip |
Kesesuaian
catatan E-Agenda dan Kartu kendali |
|
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4.3.Pedoman Penilaian
Sangat Baik/ A :
apabila memperoleh skor 87-100
Baik/ B :
apabila menunjukkan skor 73-86
Cukup/ C : apabila menunjukkan skor 61-74
Cukup Baik/ BC :
apabila menunjukkan skor 47-60
Kurang/ K : apabila menunjukkan skor dibawah <46
Mantap gann
BalasHapusBermanfaat sekali gan
BalasHapusMantap jiwa lur
BalasHapus